travel malang

Sumber Sirah Malang Surga Tersembunyi-Gavin Trans(081.3322.11243)-Travel Malang

Wisata , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Gavin Trans(081.3322.11243)-Travel Malang

Malang merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang sangat banyak sekali tujuan wisata alamnya.Tak ada habisnya menyajikan wisata wisata alam terbaik, Mulai dari gunung, pantai, air terjun (coban), perkebunan buah dan sayuran (agrowisata) hingga sumber mata air pun menjadi objek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Baru-baru ini wisata di Malang yang lagi hangat diperbincangkan disosial media adalah Sumber Sirah yang terletak dikecamatan Gondanglegi . Sesuai dengan namanya, Sumber Sirah merupakan salah satu sumber mata air alami yang indah dan menawan.

Sumber Sirah saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Malang oleh karena keindahan sumber mata airnya, terutama pada bagian dasarnya yang banyak ditumbuhi tanaman hijau mirip ganggang yang sangat keren jika kita menjadikannya spot foto bawah air (underwater photography). Namun bukan hanya itu saja yang menarik dari Sumber Sirah, masih ada lagi hal menarik lainnya, oleh karena itu Gavin Trans berusaha untuk mengulas mengenai Sumber Sirah Malang secara lengkap dan tuntas berikut ini.

Sekilas tentang Sumber Sirah

travel malang
travel malang

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Sumber Sirah merupakan salah satu tempat wisata di Malang berupa sebuah sumber mata air, sesuai dengan namanya sumber (bahasa jawa) yang artinya mata air. Mata air ini membentuk sebuah kolam/telaga yang telah dibatasi dengan beton, dasarnya banyak terdapat tanaman hijau yang mirip ganggang laut. Tanaman tersebut merupakan rumput air tawar (sejenis hydrilla). Selain itu terdapat pula populasi ikan kecil, batu-batuan berukuran kecil serta pasir hitam di dasarnya. Kedalaman dari kolam mata air ini adalah dari 0,8 meter hingga 1,5 meter, cukup dangkal bukan? Karena cukup dangkal itulah maka tidak disarankan bagi pengunjung untuk lompat-lompatan dari atas.

Kolam mata air alami itu dialirkan ke sawah-sawah penduduk yang ada sepanjang aliran sungai yang terbentuk itu. Aliran air tersebutlah yang oleh pengelola setempat dimanfaatkan untuk dijadikan lintasan river tubing, aktivitas mengapung diatas ban dalam dan bergerak mengikuti arus sungai hingga pada titik tertentu, yang oleh pengelola setempat diberikan sebuah bambu besar sebagai pembatasnya.

Daftar Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Sumber Sirah

Sumber Sirah di Gondanglegi Malang ini tentunya menawarkan pesona keindahan mata air sebagai daya tarik utamanya baik itu sebagai tempat mandi, berenang atau menikmati keindahan bawah airnya. Namun ada juga hal-hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di Sumber Sirah. Berikut ini ‘what to do list’ di Sumber Sirah Malang dari Gavin Trans :

* Main air, berenang, snorkeling dsb

travel malang
travel malang

Daya tarik utama dari Sumber Sirah adalah mata air yang membentuk kolam alami dimana pengunjung dapat berenang di dalamnya. Air yang jernih terasa lebih segar saat menceburkan diri di dalamnya. Bermain air di Sumber Sirah akan sangat menyenangkan karena jernihnya air tersebut. Keberadaan rumput air tawar di dasar air bisa ‘mencuci mata’ saat berenang atau snorkeling disini.

Perlu diingat juga bahwa kedalaman air di Sumber Sirah ini mulai dari 0,8 meter hingga 1,5 meter sehingga sangat disarankan untuk tidak melompat dari tempat yang tinggi ke dalam kolam. Selain itu rumput air tawar ini cukup mudah patah, jadi perlu berhati-hati agar tidak sampai menginjaknya, cukup nikmati keindahannya dengan memandanginya saja. Satu hal lagi, dasar air ini terdiri dari pasir hitam, oleh karena itu saat lagi ramai, pasir hitam ini akan membuat Sumber Sirah menjadi sedikit keruh. Itulah sebabnya lebih tepat untuk datang ke Sumber Sirah ini saat masih sepi, dimana airnya terlihat jauh lebih jernih daripada saat lagi puncak keramaian (biasanya pada hari minggu atau hari libur lainnya).

* Fotografi

travel malang
travel malang

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kepopularitas Sumber Sirah yang seterkenal sekarang ini tidak terlepas dari pengguna sosial media instagram, yang berulang kali mengekspos keindahan bawah air dari Sumber Sirah ini. Hal itu membuat para pengunjung semakin ramai berbondong-bondong datang ke Sumber Sirah untuk foto-foto bawah airnya (underwater photography). Padahal sebelum seterkenal sekarang, Sumber Sirah biasanya hanya didatangi oleh penduduk setempat sebagai tempat mandi atau mengambil air bersihnya.

Selain fotografi bawah air, pengunjung juga bisa foto-foto keindahan alam disekitar Sumber Sirah ini. Desa Sumberjaya memiliki hamparan sawah yang luas dan dialiri oleh sungai kecil (terbentuk dari Sumber Sirah) ditengah-tengahnya. Keindahan panorama alam tersebut dapat pengunjung abadikan berupa foto panorama yang menawan. Jika tidak ingin foto panorama, foto selfie dengan latar pemandangan alam desa Sumberjaya ini juga dapat membuat foto anda terlihat unik dan berbeda.

* Tubing/river-tubing

travel malang
travel malang

Di Sumber Sirah banyak disewakan ban dalam untuk aktivitas tubing atau river-tubing para pengunjung. Pengunjung bisa tiduran santai sambil mengapung diatas air dengan ban dalam pada bagian Sumber Sirah yang tak berarus, atau bisa ber-river tubing mengikuti arus air sejauh kurang lebih 100 meter hingga mencapai pembatas berupa jembatan bambu. Meskipun lintasannya cukup pendek, tapi lumayan seru kok, masih bisa berjalan kaki lagi kembali ke tempat semula dan ulangi lagi aktivitas river tubingnya. Semua aktivitas seru itu dapat dilakukan di objek wisata mata air alami Malang dengan menyewa ban dalam tentunya, dengan tarif sewa sekitar Rp. 2000 hingga Rp. 5000 tergantung ukuran ban dalamnya, tapi untuk river tubing, disarankan menggunakan ban dalam mobil (pelampung) yang pada bagian bolong tengahnya ditambahkan sejenis tali penahan untuk dapat diduduki.

 * Menikmati Suasana Alami Khas Pedesaan
Jika sudah capek untuk berenang, tubing dan sebagainya, bisa duduk santai sambil menikmati udara khas pedesaan di sekitar Sumber Sirah ini. Melihat asyiknya pengunjung yang bersenang-senang di dalam kolam alami Sumber Sirah, melihat hamparan sawah Desa Sumberjaya yang dibatasi oleh hutan dan perkebunan di kiri kanannya, pohon kelapa yang nyiurnya melambai diterpa angin atau aliran sungai kecil yang membelah persawahan warga. Semua hal menarik tersebut dapat kita lihat dan nikmati saat sedang berada di Sumber Sirah Malang.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Saat di Sumber Sirah

Selain hal-hal menarik yang dapat kita lakukan di Sumber Sirah, perlu juga diperhatikan beberapa hal berikut ini saat sedang berada di objek wisata wilayah Malang selatan ini:

Sumber Sirah merupakan objek wisata alam berupa sumber mata air. Sumber mata air ini sebagian besarnya dimanfaatkan untuk mengaliri persawahan namun tidak jarang warga yang memanfaatkannya sebagai sumber air bersih (minum, cuci, mandi dsb). Selain itu, Sumber Sirah juga merupakan objek wisata untuk umum sehingga perlu tetap dijaga kebersihan lingkungannya, baik lingkungan sekitar mata air Sumber Sirah atau pada badan air Sumber Sirah itu sendiri.

Tanaman yang menyerupai ganggang di dasar kolam ini sangat mudah patah, jadi hati-hati agar tidak menginjaknya saat sedang bermain di dalamnya. Patahnya tanaman ini tentunya bisa merusak ekosistem lingkungan, dan dampak yang langsung terasa adalah kolam akan terlihat keruh karena banyak patahan tanaman itu yang berserakan di dalam kolam.

Dasar kolam selain terdiri dari batu-batuan kecil, juga terdapat pasir hitam yang halus. Jika pengunjung ramai dan sering menginjak-nginjak pasir tersebut tentu saja akan membuat kejernihan air Sumber Sirah menjadi hilang.
Saat musim hujan kondisi jalanan sebelum masuk ke Sumber Sirah ini akan cukup berlumpur dan agak sulit dilewati. Selain itu, jalanan paving dari parkiran motor dan mobil menuju ke Sumber Sirah cukup licin, terutama saat musim hujan, jadi perlu berhati-hati saat melangkah turun atau naik melewati jalan paving tersebut.Parkiran mobil dan motor terletak agak diatas bukit, saat ke Sumber Sirah kita memarkirkan kendaraan diatas dan berjalan turun ke bawah. Saat pulang tentunya akan menapaki jalan menanjak itu yang tentunya akan cukup berat bagi sebagian orang.

Terakhir, di Sumber Sirah ini ada peraturan yang diterapkan oleh pengelola untuk mengenakan pakaian yang sopan (tidak mengenakan bikini) serta berperilaku yang sepantasnya (tidak minum-minuman keras dan sebagainya).

Jam Buka

Di Sumber Sirah tidak ada pintu gerbang masuk yang bisa dibuka tutup, sehingga pengunjung bisa bebas masuk ke Sumber Sirah ini kapanpun. Akan tetapi, biasanya mulai pukul 07:00 mulai ada petugas jaganya hingga pukul 17:00 yang merupakan batas waktu parkir, sehingga jika kita masuk Sumber Sirah pada kisaran waktu tersebut, kita perlu membayar tiket masuk Rp. 1000/orang ditambah karcis parkir. Sumber Sirah ini dibuka setiap hari dari hari Senin hingga hari Minggu maupun hari libur.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia di Sumber Sirah ini hasil pengamatan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir sepeda motor dengan kapasitas yang cukup besar;
  • Area parkir mobil dengan kapasitas terbatas dan jika ramai menggunakan badan jalan yang sempit;
  • Toilet/kamar mandi
  • Beberapa unit warung makan
  • Kios yang menjual dan juga menyewakan beberapa perlengkapan berenang seperti pakaian, pelindung kamera saat digunakan dibawah air (waterproof case), pelampung (ban dalam mobil), kacamata renang serta perlengkapan lainnya.
  • Kolam dan lintasan untuk river tubing

Masih banyak lagi tempat wisata indah lainnya di Malang. Percayakan perjalanan wisata anda pada kami Gavin Trans Tour & Travel (081.3322.11243) Penyedia jasa Travel  Terbaik dikota Malang yang siap mengantarkan anda menikmati Keindahan Kota Malang Batu dan sekitarnya  dengan driver yang profesional dan always new armada. Silahkan kunjungi website kami di https://travelmalang.web.id/ dan di https://rentalmobilmalang.web.id/. Kami melayani  jasa travel : Travel Malang – Juanda PP , sewa harian , tour wisata Bromo dan kawah ijen , drop kota tujuan. Happy Travelling Happy People